Laga Semifinal Euro 2024 Belanda vs Inggris Dipimpin Wasit Kontroversial

Wasit Felix Zwayer. Foto: skysports.com
Wasit Felix Zwayer. Foto: skysports.com

Berlin – Laga semifinal Euro 2024 antara Belanda versus Inggris digelar Kamis dinihari, 11 Juli 2024, di Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman.

Pertandingan ini bakal dipimpin wasit Felix Zwayer, 43 tahun, asal Berlin. Penunjukan Zwayer oleh UEFA menimbulkan berbagai reaksi mengingat kontroversial terkait skandal pengaturan pertandingan di Jerman.

Pada 2006, saat menjadi asisten wasit muda, Zwayer pernah dilarang enam bulan karena diduga menerima uang dari wasit lain, Robert Hoyzer, yang juga dihukum karena pengaturan skor.

Dilansir dari Associated Press, Zwayer diduga menerima 300 euro dari Hoyzer sebelum pertandingan pada 2004. Zwayer tidak segera melaporkan insiden tersebut.

Namun, tidak ada bukti Zwayer memanipulasi pertandingan dan ia akhirnya memberikan bukti penting dalam kasus tersebut.

Kontroversi masa lalu itu kembali mencuat setelah gelandang Inggris, Jude Bellingham, mengkritik penunjukan Zwayer saat bermain untuk Borussia Dortmund pada tahun 2021. Kritik tersebut berujung pada denda 40.000 euro bagi Bellingham.

Saat itu, Bellingham yang sekarang bermain di Real Madrid mempertanyakan keputusan memberi tugas kepada Zwayer untuk mengawasi pertandingan besar di Jerman.

Sementara ini, bagi Zwayer, pertandingan semifinal Belanda vs Inggris akan menjadi pertandingan keempat yang ia pimpin di Euro 2024. Sebelumnya, ia memimpin pertandingan saat Belanda menang 3-0 atas Rumania di babak 16 besar.

Bek Inggris, Luke Shaw menegaskan, penunjukan Zwayer tidak akan mempengaruhi persiapan tim. Shaw menekankan pentingnya fokus pada pertandingan dan menghormati keputusan UEFA.

“Tidak, sama sekali tidak. Kami harus menghormati keputusan UEFA siapa pun yang mereka pilih sebagai wasit. Itu tidak akan mengubah apa pun tentang kami,” tegas bek kiri Manchester United itu.

“Kami masih fokus pada pertandingan yang ada, bukan terlalu memikirkan wasit yang ditunjuk atau ini dan itu. Jadi bagi kami, itu tidak akan membuat perbedaan.”[]

Komentar

Tanggapilah dengan bijak dan bertanggung jawab. Setiap tanggapan komentar di luar tanggung jawab redaksi. Privacy Policy