Panglima TNI Tegaskan Tak Ada Anggota Terlibat Pembakaran Rumah Wartawan Karo

Rumah wartawan Rico Sempurna Pasaribu rata tanah setelah terbakar pada Kamis (27/6/2024) dinihari pukul 03.15 WIB. Foto: Medanposonline.com
Rumah wartawan Rico Sempurna Pasaribu rata tanah setelah terbakar pada Kamis (27/6/2024) dinihari pukul 03.15 WIB. Foto: Medanposonline.com

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan tidak ada prajurit TNI yang terlibat kasus pembakaran rumah hingga tewasnya wartawan Tribrata TV di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

“Nggak ada, nggak ada [prajurit terlibat]. Saya rasa dari Polri sudah mengatasi ya, yang rumah wartawan kebakaran itu, sudah diatasi sama Polri,” ujar Agus di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 10 Juni 2024.

Polisi sebelumnya menangkap dua orang yaitu Yunus Syahputra Tarigan alias Selawang dan Rudi Apri Sembiring. Polda Sumut telah menetapkan keduanya sebagai tersangka selaku eksekutor pembakaran rumah. Mereka mengakui telah menyiram rumah Rico dengan bensin yang kemudian mengakibatkan kebakaran pada 27 Juni 2024.

Rumah Wartawan Tribata TV di Karo Ternyata Dibakar, Dua Pelaku Ditangkap

Selain itu, polisi juga menangkap Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Tanah Karo, Bebas Ginting, dan Pedoman alias Domanta.

Menurut Kapolda Sumatera Utara, Komisaris Jenderal Agung Setya Imam, Bebas Ginting yang merencanakan pembakaran dan memberikan imbalan kepada kedua pelaku.

“Peran merencanakan dan memberikan imbalan kepada kedua pelaku sebesar masing-masing satu juta rupiah. Motif dari Bebas Ginting dan keterkaitan pihak lain masih dilakukan pendalaman,” ungkap Agung.

Saat ini penyidik masih mengumpulkan berbagai bukti. “Tentu kami akan gali dari apa nanti yang disampaikan oleh para pelaku ini,” ujarnya.

Dalam peristiwa ini, Rico Sempurna dan keluarganya tewas bersamaan. Jenazah selain wartawan Tribrata TV yang teridentifikasi adalah Elfrida boru Ginting (48 tahun, istri Sempurna), Sudi Investasi Pasaribu (12 tahun, anak), dan Loin Situkur (cucu, 3 tahun).[]

Komentar

Tanggapilah dengan bijak dan bertanggung jawab. Setiap tanggapan komentar di luar tanggung jawab redaksi. Privacy Policy