Marquez Ungkap Sebab Jatuh di Sprint Race MotoGP Belanda

Marc Marquez terjatuh di Sprint Race MotoGP Belanda 2024. Foto: MotoGP
Marc Marquez terjatuh di Sprint Race MotoGP Belanda 2024. Foto: MotoGP

Assen – Pembalap Gresini Ducati, Marc Marquez mengungkapkan sebab ia terjatuh di sprint race MotoGP Belanda 2024, Sabtu malam, 29 Juni 2024.

Balapan Sirkuit Assen, Belanda, baru berjalan dua putaran. Namun, selepas tikungan kedua, Marquez mencoba menyalip Aleix Espargaro yang berada di posisi empat.

Sayangnya, Marquez gagal. Ia kehilangan kendali roda depan motornya. Juara enam kali MotoGP itu pun terjatuh sehingga gagal finish dan kehilangan poin.

“Sejujurnya, saya sebenarnya tidak berencana untuk menyalip Aleix saat itu. Namun ketika saya menilai kecepatan kami, tidak ada pilihan lain selain menyalipnya di tikungan cepat ini. Saya tidak terlalu cepat, tapi saya kehilangan roda depan di tikungan itu,” ujar Marquez, dikutip dari Speedweek, Minggu, 30 Juni 2024.

Marquez mengaku melakukan kesalahan dalam mengambil jarak antara dirinya dengan pembalap lain. Pembalap berjuluk The Baby Alien itu pun menyadari kesalahannya membuat kekacauan yang berujung kerugian untuk dirinya sendiri.

“Itu jelas merupakan kesalahan saya. Saya sedikit salah mengambil garis. Itu bukan masalah di lap 1, tapi di lap 2. Saya sedikit salah menilai jarak saya ke kerb (garis berwarna yang berada di sisi luar atau tepi lintasan) karena ada pembalap lain,” ujar Marquez.

“Saya menyentuh kerb dengan pijakan kaki saya, yang menyebabkan saya melenceng. Itu sangat menjengkelkan, saya mengacaukannya.”

Balapan di Assen berlangsung dalam temperatur yang lebih panas. Para pembalap sebagian besar memilih ban depan yang keras, dan ban belakang yang soft.

Francesco ‘Pecco’ Bagnaia mendominasi balapan. Pecco yang meraih pole setelah memimpin setiap sesi sebelum balapan, menjauh dari pemimpin klasemen Jorge Martin. Ia menuntaskan 13 putaran tanpa terjatuh.

Sementara Jorge Martin sendiri harus puas di posisi kedua. Namun, saat ini ia masih memimpin klasemen MotoGP 2024 dengan koleksi 180 poin. Ia unggul 15 poin atas Pecco yang ada di posisi kedua.[]

Komentar

Tanggapilah dengan bijak dan bertanggung jawab. Setiap tanggapan komentar di luar tanggung jawab redaksi. Privacy Policy