Sebut Beternak itu Mudah, Mentan Bakal Setop Impor Kambing Rp37 Triliun per Tahun

Menteri Pertanian Amran Sulaiman meninjau ke CV Sahabat Ternak dan Bhumi Naraya Farm di Kelurahan Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Foto: ANTARA/Sutarmi
Menteri Pertanian Amran Sulaiman meninjau ke CV Sahabat Ternak dan Bhumi Naraya Farm di Kelurahan Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Foto: ANTARA/Sutarmi

Sleman – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menargetkan mencetak peternak kambing di seluruh Indonesia untuk menyetop impor kambing yang nilainya mencapai triliun rupiah per tahun.

Amran mengatakan impor ini meningkatkan kesejahteraan peternak negara lain, padahal penduduk Indonesia sebanyak 278 juta.

“Kami cetak peternak, stop impor. Sebesar Rp37 triliun digunakan membesarkan peternak Indonesia,” ujar Amran saat meninjau CV Sahabat Ternak dan Bhumi Naraya Farm di Kelurahan Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu dikutip Minggu, 30 Juni 2024.

Dia juga menanyakan apa saja yang dibutuhkan peternak agar industri peternakan di dalam negeri bisa berkembang pesat.

Menurut Amran, tidak ada yang terlalu istimewa dari beternak kambing. Ia menilai, selama peternak bisa berfokus mengembangkan usaha, industri peternakan sangat potensial memberikan keuntungan bagi masyarakat.

“Beternak itu semudah membalikkan tangan. Yang menjadi pertanyaannya, mau atau tidak,” ujar Amran.

Ketua Perserikatan Peternak Domba DIY Sofyan membeberkan sejumlah permasalahan dalam peternakan, khususnya ternak domba. Salah satu masalah yang dihadapi peternak di DIY belum swasembada serat hijau pakan.

Peternak DIY, kata Sofyan, mendatangkan serat hijau ternak dari Jawa Timur. Namun, hari ini, harga serat hijau di DIY sangat tinggi, yakni Rp6.500 per kilogram dari sebelumnya Rp1.500 per kilogram.

“Kami membuka peluang lahan untuk menanam pakan ternak seluas tiga hektare. Biaya untuk itu sangat mahal,” ucap Sofyan. Adapun saat ini anggota Perserikatan Peternak Domba DIY ada 250 peternak.[]

Komentar

Tanggapilah dengan bijak dan bertanggung jawab. Setiap tanggapan komentar di luar tanggung jawab redaksi. Privacy Policy