Indonesia Sampaikan Belasungkawa Atas Meninggalnya Wapres Malawi

Tim pencari menemukan puing pesawat yang membawa wakil presiden malawi. Foto: Detik
Tim pencari menemukan puing pesawat yang membawa wakil presiden malawi. Foto: Detik

Jakarta – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia berduka cita atas meninggalnya Wakil Presiden (Wapres) Malawi, Saulos Chilima. Saulos diketahui meninggal dalam kecelakaan pesawat bersama sembilan orang lainnya.

“Pemerintah Indonesia menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Wakil Presiden Republik Malawi, Yang Terhormat Dr Saulos Klaus Chilima dan delegasi pendamping dalam kecelakaan pesawat di Malawi,” bunyi cuitan Kemlu RI di akun X, Rabu, dilihat Jumat, 14 Juni 2024.

“Doa kami ditujukan kepada keluarga yang berduka dan masyarakat Malawi.”

Baca: Pesawat Militer yang Membawa Wapres Malawi Hilang Setelah Gagal Mendarat

Sebelumnya, pesawat yang membawa Saulos Chilima dan sembilan orang lainnya sempat hilang kontak pada Senin lalu karena cuaca buruk.

Pesawat tersebut, yang lepas landas sekitar pukul 09.00 waktu setempat, seharusnya mendarat di Bandara Internasional Mzuzu, di utara negara itu, tepat setelah pukul 10.00 waktu setempat.

Namun, keesokan harinya, puing-puing pesawat ditemukan di sebuah hutan. Penumpang pesawat dipastikan tidak ada yang selamat dalam insiden itu.

“Pesawat itu telah ditemukan dan saya sangat bersedih untuk memberi tahu Anda semua, ini ternyata menjadi tragedi yang mengerikan,” kata Presiden Malawi, Lazarus Chakwera, dalam pidato yang disiarkan televisi, dikutip dari kantor berita AFP, Selasa.

Foto-foto yang dibagikan kepada AFP oleh seorang anggota tim penyelamat militer menunjukkan para personel militer berdiri di lereng berkabut dekat puing-puing yang memuat nomor registrasi pesawat militer Malawi, Dornier 228-202K.

Komentar

Tanggapilah dengan bijak dan bertanggung jawab. Setiap tanggapan komentar di luar tanggung jawab redaksi. Privacy Policy