Listrik di Aceh Normal Lagi, PLN Minta Maaf

Ilustrasi petugas PLN memperbaiki jaringan listrik. Foto: Kompas.com
Ilustrasi petugas PLN memperbaiki jaringan listrik. Foto: Kompas.com

Banda Aceh – General Manager PLN Unit Induk Distribusi Aceh Mundhakir menyatakan pasokan listrik di Aceh pulih kembali. Kini, sebanyak 1,7 juta pelanggan di Aceh telah bisa menikmati lagi suplai arus listrik secara normal, sejak Kamis, 6 Juni 2024, pukul 15.48 WIB.

“Dengan dukungan dan doa dari semua masyarakat, Alhamdulillah, pada hari ini [Kamis] pukul 12.21 WIB pasokan listrik dari PLTU Nagan Raya 1 dilanjutkan pukul 15.48 WIB dari PLTU Nagan Raya 4, sudah masuk kembali ke sistem interkoneksi Sumatera sehingga pasokan listrik ke seluruh masyarakat Aceh normal kembali,” ujar Mundhakir di Banda Aceh, Jumat dikutip Sabtu, 8 Juni 2024.

Sebelumnya, pada Selasa, 4 Juni 2014, jaringan transmisi SUTET 275 kV yang terhubung dengan sejumlah wilayah di Pulau Sumatera mengalami gangguan. Selain itu, transmisi trip penghantar Langsa-Idi terkena sambaran petir sehingga menyebabkan blackout di sejumlah wilayah di Aceh.

Saat gangguan itu, kata Mundhakir, tim PLN bergerak cepat melakukan koordinasi dan penormalan bertahap dari sisi pembangkitan, transmisi, distribusi, hingga ke seluruh pelanggan.

Sementara upaya penormalan mencakup penanganan pada 120 penyulang tegangan menengah 20 kV di Aceh, yang menyuplai ribuan gardu distribusi dan jutaan pelanggan.

“Saat ini, kondisi kelistrikan di Aceh telah kembali normal. Insan PLN di seluruh unit telah memberikan usaha terbaik untuk menormalkan sistem kelistrikan yang sempat terganggu,” ujar Mundhakir.

PLN, kata dia, menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami masyarakat. “PLN juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah, pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat di Provinsi Aceh atas dukungannya kepada PLN, sehingga pemulihan bisa dilakukan secara maksimal.”

Komentar

Tanggapilah dengan bijak dan bertanggung jawab. Setiap tanggapan komentar di luar tanggung jawab redaksi. Privacy Policy