Tim SAR Gabungan Evakuasi Warga Suriah Keracunan di Perairan Aceh

Tim SAR Gabungan mengevakuasi warga Suriah, Mustafa Hamoud, 33 tahun, yang keracunan zat kimia, Sabtu, 6 Juli 2024. Foto: Basarnas Banda Aceh
Tim SAR Gabungan mengevakuasi warga Suriah, Mustafa Hamoud, 33 tahun, yang keracunan zat kimia, Sabtu, 6 Juli 2024. Foto: Basarnas Banda Aceh

Banda Aceh – Tim SAR Gabungan mengevakuasi seorang warga negara Suriah, Mustafa Hamoud, 33 tahun, yang keracunan zat kimia, Sabtu, 6 Juli 2024.

Mustafa yang juga anak buah kapal kargo DSM Everton berbendera Barbados, keracunan zat kimia saat kapal sedang berada di Selat Malaka.

“Korban dievakuasi karena terminum zat kimia. Evakuasi menggunakan kapal SAR KN Kresna di perairan Selat Benggala, Provinsi Aceh, pada Sabtu,” ujar Ibnu Harris dikutip dari Antara, Minggu, 7 Juli 2024.

Awalnya, kata Ibnu, Basarnas Banda Aceh mendapatkan laporan agen kapal di Aceh yang menyampaikan ada anak buah kapal DSM Everton yang tertelan zat kimia saat dalam pelayaran di perairan Selat Malaka.

“Saat itu, kapal kargo DSM Everton berlayar dari Saint Petersburg di Rusia menuju Gresik, Jawa Timur. Ketika itu, korban haus, tetapi terminum cairan zat kimia,” ujar Ibnu.

Selanjutnya, agen kapal tersebut meminta dilakukan evakuasi medis karena korban membutuhkan penanganan lebih lanjut. Permintaan tersebut ditindaklanjuti Basarnas Banda Aceh dengan mengirim tim SAR gabungan untuk mengevakuasi korban.

Evakuasi menggunakan kapal SAR KN Kresna melibatkan tim kantor karantina pelabuhan, bea cukai, kepolisian, dan pihak terkait lainnya. Titik evakuasi berada di 7,12 nautikal mile dari Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh.

Setelah menurunkan korban, tim SAR membawa korban menggunakan KN Kresna menuju Pelabuhan Ulee Lheue dan selanjutnya dibawa menggunakan ambulans ke Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin, Banda Aceh.

“Dengan selesainya evakuasi warga negara asing tersebut, maka operasi SAR ditutup dan semua personel yang terlibat dikembalikan ke kesatuan atau instansi masing-masing.”[]

Komentar

Tanggapilah dengan bijak dan bertanggung jawab. Setiap tanggapan komentar di luar tanggung jawab redaksi. Privacy Policy