Euro 2024

Portugal Menang Susah Payah atas Ceko

Portugal Menang Susah Payah atas Ceko
Portugal Menang Susah Payah atas Ceko

Leipzig – Portugal meraih kemenangan dengan susah payah atas Republik Ceko dalam laga fase grup Euro 2024 di Red Bull Arena, Leipzig, Jerman, Rabu dinihari, 19 Juni 2024.

Portugal yang menjadi kandidat favorit juara turnamen memulai pertandingan dengan kesulitan. Mereka kesulitan menembus pertahanan kokoh Republik Ceko sepanjang babak pertama.

Peluang pertama Portugal datang dari tembakan jarak jauh Nuno Mendes dan Bruno Fernandes. Sayangnya, upaya tersebut tidak membuahkan hasil yang diharapkan.

Menjelang babak pertama usai, Portugal semakin agresif menyerang. Rafael Leao hampir menyambut umpan silang Fernandes, namun gagal mencetak gol.

Cristiano Ronaldo, dalam penampilan ke-27 di Piala Eropa, juga mendapatkan peluang. Namun, Jindrich Stanek menggagalkan dua tembakan bintang Portugal tersebut.

Ceko berhasil bertahan dengan kokoh sepanjang babak pertama. Namun, mereka kesulitan memberikan ancaman berarti kepada Portugal.

Setelah jeda, Portugal tetap mendominasi permainan. Diogo Dalot dan Bernardo Silva menembakkan bola ke atas mistar gawang.

Ronaldo mendapatkan peluang dari tendangan bebas yang ditepis Stanek. Republik Ceko mencetak gol pertama melalui Lukas Provod pada menit ke-62.

Provod mencetak gol indah dengan tendangan pertama ke sudut jauh. Keunggulan Republik Ceko bertahan kurang dari 10 menit.

Portugal menyamakan kedudukan dengan gol bunuh diri Robin Hranac. Stanek tidak sengaja mendorong bola ke kaki Hranac, yang kemudian masuk ke gawang.

Silva dan Vitinha kembali menguji ketangguhan Stanek. Penjaga gawang Republik Ceko tersebut berhasil menahan kedua percobaan pemain Portugal.

Selumnya, Diogo Jota mengira telah mencetak gol kemenangan, namun dianulir karena offside Ronaldo. Francisco Conceição akhirnya mencetak gol penentu kemenangan.

Gol Conceicao datang setelah Hranac gagal membersihkan umpan silang rendah. Portugal pantas memenangkan pertandingan ini.

Kemenangan ini memberi kelegaan bagi skuad Martínez. Republik Ceko harus lebih agresif melawan Georgia untuk tetap berpeluang lolos.

Republik Ceko kini menghadapi tugas berat di pertandingan berikutnya. Mereka harus lebih ekspresif menyerang untuk bisa lolos dari grup ini.

Atas hasil 2-1 ini, Portugal menduduki urutan kedua Grup F dengan tiga poin. Sedangkan Republik Ceko di posisi ketiga.[]

Komentar

Tanggapilah dengan bijak dan bertanggung jawab. Setiap tanggapan komentar di luar tanggung jawab redaksi. Privacy Policy