Teluk Lhok Mamuni di Kecamatan Batee, Pidie. Foto: Istimewa

Pidie — Kabupaten Pidie salah satu daerah yang kaya dengan objek wisata, baik wisata gunung, sungai maupun pantai yang indah sehingga menjadi daya tarik para pengunjung baik lokal maupun nasional. Belakangan ini objek wisata di Pidie mulai dilirik pelancong mancanegara.

Dari sejumlah lokasi kunjungan wisata, ada satu lokasi yang berada di pesisir Kecamatan Batee, tepatnya di Gampong Kulee. Lhok Mamuni nama teluk kecil yang letaknya diapit dua bukit karang. Letaknya di bibir Selat Malaka, menambah indahnya teluk berada sekira 23 kilometer dari Kota Sigli, jantung ibu kota Kabupaten Pidie.

Jalur akses sangat mudah, karena teluk dengan dilengkapi ekosistem laut seperti berbagai jenis ikan karang bermain- main diantara terumbu karang terlihat jelas karena airnya sangat jernih, bening ibarat kaca cermin, berada tidak jauh di jalur ruas jalan provinsi, Kota Sigli – Krueng Raya, Aceh Besar.

Jafaruddin, warga Kecamatan Batee, mengatakan Lhok Mamuni sudah terkenal sejak zaman dulu, bahkan menurutnya, konon di daerah tersebut sudah pernah ada penduduk. Menurut cerita, dulu ada masjid yang digunakan tempat shalat jamaah dan Jumat bagi warga dari berbagai daerah yang bertapa di Guho Tujoeh. Karena antara Guha Tujoeh dengan Lhok Mamuni berdekatan.

“Memang disitu, masih terlihat jejak – jejak bebatuan bekas bangunan masjid,” tutur Jafar, Ahad (31/3/2024).

Saat ini, kawasan tersebut ramai dikunjungi para warga hobi memancing. Kendati untuk kunjungan wisata jarang, karena kurangnya promosi, sehingga banyak yang tidak tahu tentang keindahan teluk kecil Lhok Mamuni.

Bagi mereka yang ingin melihat panorama alam penuh pesona keindahan perpaduan bukit karang dengan kebeningan air laut yang didalamnya dihiasi terumbu karang serta aneka ragam jenis ikan bermain diantara terumbu karang. Selain spot pantai yang eksotik juga daerahnya cukup nyaman dan jauh dari kebisingan, untuk healing Lhok Mamuni adalah tempat yang cocok.

Belakangan ini sejumlah pemancing dari Kota Sigli dan sekitarnya mulai memilih lokasi Lhok Mamuni sebagai tempat para pancing mania menyalurkan hobinya. Bahkan tidak jarang mereka mendapatkan hasil pancing yang langsung bisa dibakar sambil menikmati keindahan alam dan sejuknya angin laut.

Di lokasi teluk kecil nan permai itu, kini mulai menggeliat dengan dibangunnya pondok-pondok kecil sebagai tempat persinggahan. Para investor pun mulai melirik untuk mengembangkan usaha di lokasi tersebut.[](portalsatu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *