Enam Jet Tempur Siluman Amerika Bakal Mendarat di Indonesia

Jet tempur F-22 Raptor milik Angkatan Udara Amerika Serikat saat lepas landas di Pangkalan Bersama Langley-Eustis, Virginia. Foto: AP
Jet tempur F-22 Raptor milik Angkatan Udara Amerika Serikat saat lepas landas di Pangkalan Bersama Langley-Eustis, Virginia. Foto: AP

Jakarta – Pesawat tempur siluman F-22 Raptor dari Angkatan Udara Amerika Serikat atau US Pacific Air Forces, rencananya akan mendarat di Indonesia.

Ada enam jet tempur F-22 Raptor dari 27th Fighter Squadron yang akan transit di Indonesia setelah berpartisipasi dalam latihan militer multinasional Pitch Black 24 di Australia pada Agustus 2024.

“Kunjungan ini menandai momen bersejarah, karena untuk pertama kalinya pesawat F-22 Raptor akan mendarat dan transit di Indonesia,” ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Ardi Syahri dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu, 19 Juni 2024.

F-22 Raptor dijadwalkan melaksanakan hot pit refueling di Bali sebelum melanjutkan perjalanan ke Brunei Darussalam.

Personel TNI Angkatan Udara dan US Pacific Air Forces telah melakukan site survey di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali pada Selasa hingga Kamis lalu sebagai persiapan kedatangan enam F-22 Raptor.

Selain site survey, juga dilaksanakan Fighter Logistic SMEE yang melibatkan penerbang dan teknisi dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi dan Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin.

“Para penerbang dan teknisi tersebut mendapatkan pengalaman dan pengetahuan dari personel US Pacific Air Forces tentang persiapan expeditionary mission dan rapid deployment di daerah operasi,” ujar Ardi.

F-22 Raptor merupakan jet tempur produksi Lockheed Martin, Amerika Serikat. F-22 Raptor disebut pesawat siluman karena kemampuan yang dapat menghindari deteksi, baik itu visual, audio, sensor, maupun gelombang radar musuh.[]

Komentar

Tanggapilah dengan bijak dan bertanggung jawab. Setiap tanggapan komentar di luar tanggung jawab redaksi. Privacy Policy