Aceh Punya 167 Dokter Ahli Penyakit Dalam

Peserta Konferensi Kerja XVI PAPDI di Hotel JW Marriot Medan, Sumatera Utara. Foto for Line1.News
Peserta Konferensi Kerja XVI PAPDI di Hotel JW Marriot Medan, Sumatera Utara. Foto for Line1.News

Medan – Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Aceh, M Diah menyebutkan setelah terbitnya Undang Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan, Provinsi Aceh memiliki 167 dokter spesialis penyakit dalam.

“Aceh hari ini memiliki total spesialis penyakit dalam 167 orang, yang terdiri dari 131 internis umum (Sp.1) orang dan 36 konsultan (Sp.2), yang tersebar di seluruh penjuru Aceh,” ujar Diah dalam Konferensi Kerja XVI PAPDI di Hotel JW Marriot Medan, Sumatera Utara, Kamis, 11 Juli 2022.

Para dokter ahli itu, kata Diah, tetap berkomitmen memberikan pelayanan optimal dengan mengedepankan kelimuan dan kode etik kedokteran.

ia juga menyampaikan PAPDI Aceh menghadapi ragam masalah berbeda di setiap kabupaten kota di Aceh, terutama terkait pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional -Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Semoga ke depan internis Aceh diberikan kesehatan untuk tetap memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.”

Konferensi kerja PAPDI diisi berbagai kegiatan seperti sidang organisasi, pleno, simposium, workshop, pameran, makalah bebas, dan ladies.

Pertemuan itu diikuti oleh pengurus besar PAPDI, pengurus Kolegium Ilmu Penyakit Dalam (KIPD) serta delegasi dari 39 cabang. PAPDI Aceh sendiri mengutus lima delegasi yang dipimpin Diah untuk mengikuti sidang organisasi yang tersebar di lima komisi. Antara lain komisi organisasi dan advokasi, dewan etik dan medikolegal, kemitraan dan kerjasama, publikasi dan pengabdian masyarakat, pengembangan profesi dan penelitian, pendidikan spesialis (Sp.1), serta pendidikan subspesialis (Sp.2).

Konferensi dibuka oleh Ketua Umum PAPDI Sally A Nasution bersama Ketua Umum KIPD Irsan Hasan. Hasil pleno akan disampaikan pada saat Kongres Nasional PAPDI XIX di Bali tahun depan.[]

Komentar

Tanggapilah dengan bijak dan bertanggung jawab. Setiap tanggapan komentar di luar tanggung jawab redaksi. Privacy Policy