Wakapolda Aceh Daftar Cabup Aceh Tamiang, DPP PA: Momentum Bersejarah

Wakapolda Aceh Brigjen Armia Fahmi saat mendaftar ke Partai Aceh untuk jadi peserta Pilkada 2024 di Aceh Tamiang. Foto: CNN Indonesia/Dani Randi

Banda Aceh – Wakil Kepala Kepolisian Daerah Aceh Brigadir Jenderal Armia Fahmi mendaftar sebagai bakal calon Bupati Aceh Tamiang ke Partai Aceh.

Berkas pendaftaran Armia diantarkan langsung ke kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Aceh di kawasan Batoh, Banda Aceh, Kamis, 16 Mei 2024. Armia didampingi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DWP) Partai Aceh (PA) Aceh Tamiang Fadlon dan Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) Aceh Tamiang Ishak Syamaun.

“Momentum bersejarah ini diterima langsung oleh Ketua Penjaringan Balon Kepala Daerah Partai Aceh Dr. Nurlis Meuko, MH, Jubir DPP PA Nurzahri, Ketua Dewan Pakar Partai Aceh Sulaiman Abda dan anggota tim penjaringan,” tulis akun Instagram resmi DPP Partai Aceh, seperti dikutip Jumat, 17 Mei 2024.

Saat pendaftaran itu Armia juga resmi diterima sebagai kader partai, yang ditandai dengan penyerahan kartu tanda anggota oleh Jubir Partai Aceh Nurzahri. “Hari ini Pak Armia Fahmi datang ke Partai Aceh, ada dua agenda sebenarnya. Pertama, beliau resmi menjadi kader Partai Aceh,” ujar Nurzahri kepada wartawan.

Nurzahri menyambut baik langkah Armia karena Partai Aceh terbuka kepada siapapun. Menurut Nurzahri, Armia seorang jenderal yang ingin mengabdi kepada Aceh, khususnya Aceh Tamiang dan memanfaatkan Partai Aceh yang membuka diri kepada semua kalangan.

“Tentunya hal positif ini harus kita sambut secara gembira bukan hanya kami di Partai Aceh tapi juga masyarakat di Aceh dan khususnya masyarakat Aceh Tamiang,” ujar mantan Ketua DPW PA Aceh Tamiang ini.

Sementara Armia mengaku masih aktif di Polri dan pensiun pada Oktober 2024. Terkait pencalonan sebagai bakal calon bupati pada Pilkada Aceh Tamiang 2024, Armia telah menyampaikan hal ini ke Mabes Polri. “Saya kan pensiun nanti bulan Oktober, nanti kita akan menyesuaikan nanti, karena ini masih bakal calon kan masih,” ujar Armia.

Dikutip dari Wikipedia, Brigjen Pol. Drs. Armia Fahmi, M.H menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah Aceh sejak 26 September 2023. Pria kelahiran Aceh Tamiang 12 Oktober 1966, ini lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1990.

Lihat Juga: Abu Sarjani Resmi Daftar Bakal Calon Bupati Pidie dari Partai Aceh

Jenderal bintang satu tersebut memulai karier dinas di Polda Sulselra lalu dimutasi ke Akpol dan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian. Barulah setelah itu, Armia wara-wiri bertugas di Polda Sumatra Utara dan Polda Aceh. Ia juga sempat menjabat sebagai Liaison Officer atau Perwira Penghubung Polri di Penang, Malaysia. Setelahnya, memangku dua jabatan di Divisi Profesi dan Pengamanan Mabes Polri.[](Rma)

Komentar

Tanggapilah dengan bijak dan bertanggung jawab. Setiap tanggapan komentar di luar tanggung jawab redaksi. Privacy Policy