Usung Anies-Sohibul di Pilgub Jakarta, PKS Masih Butuh Syarat Lain

Pasangan Anies Baswedan-Sohibul Iman di Pilkada DKI Jakarta. Foto: Tangkapan layar DPP PKS
Pasangan Anies Baswedan-Sohibul Iman di Pilkada DKI Jakarta. Foto: Tangkapan layar DPP PKS

Jakarta – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung Anies Baswedan-Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur-wakil gubernur Jakarta di Pilkada 2024.

“Dewan Pimpinan Tingkat [PKS] pada rapat di hari Kamis, 20 Juni 2024, telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyied Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan bapak Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur,” ujar Presiden PKS Ahmad Syaikhu di Jakarta, Selasa, dikutip Rabu, 26 Juni 2024.

Di parlemen Jakarta, PKS merupakan partai dengan perolehan kursi terbanyak, yakni 18 kursi. Namun, PKS tidak bisa serta-merta mendaftarkan Anies-Sohibul ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

PKS perlu berkoalisi dengan partai politik lain demi memenuhi syarat minimal 22 kursi di DPRD DKI Jakarta.

Berdasarkan Pasal 40 UU Pilkada, pasangan calon kepala daerah baru bisa didaftarkan ke KPU jika mendapat dukungan 20 persen kursi DPRD atau 25 persen suara hasil pemilu terakhir. Artinya, PKS masih membutuhkan empat kursi lagi untuk bisa mengusung Anies-Sohibul sebagai calon gubernur-wakil gubernur Jakarta 2024.

Pengumuman Anies sebagai bakal calon gubernur hanya berselang dua hari semenjak PKS memunculkan nama Sohibul Iman. Melalui siaran pers pada Minggu, 23 Juni 2024, Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri mengatakan partainya akan memperjuangkan kader terbaik untuk berlaga di Jakarta dengan pencalonan Sohibul sebagai bakal calon gubernur.

Sebelumnya, nama Anies dimunculkan sebagai calon gubernur yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Anies adalah salah satu dari tiga nama yang direkomendasikan Nasdem Jakarta, selain Sahroni dan Wibi Andrino.

Baca: Kaesang Jadi Cawagub Anies, Politisi PKB: Ini Lagi, Ini Lagi!

Kemarin, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB Luluk Nur Hamidah mengatakan keputusan siapa yang bakal diusung PKB di Pilkada Jakarta akan diumumkan oleh Ketua Umum Muhaimin Iskandar.

“Beberapa nama sedang dipertimbangkan, sedang diistikharah juga,” ucap Luluk, Selasa, 25 Juni 2024. Di antaranya seperti Ida Fauziah, Daniel Johan, Jazilul Fawaid, dan dirinya sendiri.

Sementara itu, PDI Perjuangan meyakini keputusan PKS untuk mengusung Anies dan Sohibul sebagai bakal pasangan calon gubernur wakil gubernur DKI Jakarta 2024 masih bisa dinegosiasikan. Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga mengatakan bahwa tidak ada partai politik yang bisa mengusung calon sendiri dalam ajang pilkada DKI Jakarta 2024.

Duet Mantan Rektor Paramadina

Anies dan Sohibul memiliki kesamaan. Anies yang merupakan Gubernur Jakarta periode 2017-2022 pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina. Anies menjabat sebagai rektor selama delapan tahun, dari 2007 hingga 2015. Ia rektor termuda di Indonesia saat itu.

Sementara Sohibul adalah eks Presiden PKS. Ia kini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS. Sohibul juga pernah menjabat Rektor Universitas Paramadina pada periode 2006-2007.[]

Komentar

Tanggapilah dengan bijak dan bertanggung jawab. Setiap tanggapan komentar di luar tanggung jawab redaksi. Privacy Policy