8 Tentara Israel Tewas Disergap Brigade Al Qassam

Pasukan Brigade Al Qassam, sayap militer Hamas. Foto: Anandolu Agency
Pasukan Brigade Al Qassam, sayap militer Hamas. Foto: Anandolu Agency

Rafah – Delapan tentara Israel tewas setelah disergap pasukan Brigade Al Qassam Hamas di Rafah, Jalur Gaza selatan, Sabtu, 15 Juni 2024.

Brigade Al Qassam mengatakan mereka melakukan “penyergapan kompleks” terhadap kendaraan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di Tal al-Sultan, barat Rafah.

Peristiwa bermula dari penyerangan terhadap buldoser militer Zionis yang terbakar. Ketika pasukan Israel lainnya tiba untuk menyelamatkan awak buldoser yang terluka, Brigade Al Qassam menyerang truk lapis baja yang membawa personel itu dengan serangan rudal.

“Serangan menyakitkan kami ke musuh berlanjut di mana pun mereka berada, dan tentara pendudukan tak akan menemukan apa pun kecuali jebakan mematikan.”

IDF mengatakan sedang menyelidiki kemungkinan penyebab insiden itu. Israel mengidentifikasi salah satu tentara yang tewas adalah Kapten Wassem Mahmoud, Wakil Komandan Kompi Batalion Teknik.

“Menurut informasi yang kami miliki saat ini, salah satu kendaraan dalam konvoi tersebut terlibat dalam ledakan yang tampaknya disebabkan oleh alat peledak yang ditanam di daerah tersebut, atau akibat tembakan rudal anti-tank,” ujar juru bicara IDF Daniel Hagari.

Merujuk insiden itu, Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz menyebut “Sabtu sebagai hari yang berat”. Seperti halnya Katz, para pejabat Israel mengabaikan kecaman internasional karena terus melanjutkan operasi IDF di Rafah. Operasi itu membahayakan warga sipil di kota tempat lebih dari 1 juta warga Palestina yang mengungsi, setelah lingkungan mereka di wilayah bagian lain dibombardir Israel.

Menurut otoritas kesehatan Gaza, lebih dari 37.000 warga Palestina telah terbunuh sejak perang dimulai.[]

Komentar

Tanggapilah dengan bijak dan bertanggung jawab. Setiap tanggapan komentar di luar tanggung jawab redaksi. Privacy Policy