Melihat Kemeriahan Iduladha di Kota Frankfurt, Jerman

Salat Iduladha di Wisma Indonesia, Frankfurt, Jerman, Minggu, 16 Juni 2024. Foto: Nurhasanah/Line1.News
Salat Iduladha di Wisma Indonesia, Frankfurt, Jerman, Minggu, 16 Juni 2024. Foto: Nurhasanah/Line1.News

Frankfurt – Lebaran menjadi momentum yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di berbagai tempat. Begitu pula masyarakat muslim Indonesia yang berada di kota Frankfurt, Jerman.

Pengurus Masjid Indonesia di Frankfurt melaksanakan kegiatan salat Iduladha pada Minggu, 16 Juni 2024. Pelaksanaan salat dilaksanakan di Wisma Indonesia. Total jemaah yang hadir diperkirakan mencapai 350 orang.

Salat Iduladha dimulai sejak pukul 08.00 waktu Frankfurt. Diawali dengan takbir bersama sembari menunggu kedatangan para jemaah. Selain warga Indonesia, terlihat beberapa jemaah yang merupakan penduduk Jerman sendiri, juga dari Turki dan Bosnia.

Salat Iduladha dimulai pukul 09.00 dan diimami oleh Ustaz Alda K Yudha sekaligus khatib. Usai salat, Ustaz Alda menyampaikan khutbah mengenai beberapa hal, di antaranya kisah Nabi Yaqub a.s. dan Nabi Yusuf a.s.

Setelah khutbah, para jemaah mendengarkan sambutan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Frankfurt, Antonius Yudi Triantoro. Dalam sambutannya, Antonius memotivasi dan mengajak seluruh warga Indonesia untuk terus menjunjung tinggi semangat kekeluargaan dan gotong royong. Ia juga mengingatkan para jemaah untuk tetap membantu warga kurang mampu yang berada di Indonesia.

Setelah itu, giliran Ketua Masyarakat Muslim Indonesia di Frankfurt, Sumardji Kertasentana menyampaikan sambutan. Dalam pidatonya, Sumardji juga menyalurkan energi positif bagi para jemaah yang hadir.

Setelah itu, jemaah makan bersama dan melakukan ramah tamah hingga pukul 12.00 siang. Aneka makanan yang dihidangkan juga merupakan ciri khas makanan Indonesia ketika lebaran tiba. Ada lontong, rendang, sambal hati, kerupuk, dan beberapa makanan ringan lainnya. Kehadiran kuliner-kuliner Tanah Air ini membuat para jemaah dapat merasakan suasana lebaran seperti di kampung halaman sendiri, kendatipun sedang berada di perantauan.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat terus diimplementasikan untuk memperkuat iman dan akidah, serta menjadi wadah silaturahmi rutin di antara masyarakat Indonesia yang berada di Frankfurt. Selain mengadakan salat Iduladha dan Idulfitri berjemaah, pengurus Masjid Indonesia rutin mengadakan program lainnya, seperti salat Jumat berjamaah, kajian muslimah, kajian subuh, mengaji kitab, sarapan dan olahraga bersama, serta program Mutti Kind, Islamic Playgroup, yang ditujukan untuk anak-anak.

@line1newsMuslim Indonesia Merayakan Iduladha di Jerman

♬ original sound – Line1news

Sekilas Frankfurt

Nama lengkap kota Frankfurt adalah Frankfurt am Main yang berarti Frankfurt di sungai Main. Nama lengkap ini penting karena di Jerman ada kota lain yang juga bernama Frankfurt, yaitu Frankfurt an der Oder (Frankfurt di sungai Oder) yang berada di perbatasan Jerman dan Polandia.

Dikutip dari kumparan.com, Frankfurt merupakan kota yang terbentang di tepi sungai Main dan dipenuhi dengan gedung pencakar langit. Sebanyak 18 dari 20 gedung tertinggi di Jerman berlokasi di Frankfurt. Commerzbank Tower dan Messeturm atau Fairground Tower adalah dua gedung tertinggi di Uni Eropa. Karena itu, kota ini dijuluki “Mainhattan”.[]

Komentar

Tanggapilah dengan bijak dan bertanggung jawab. Setiap tanggapan komentar di luar tanggung jawab redaksi. Privacy Policy