Abati Buloh: Menerima Zakat yang bukan Hak Sebuah Dosa Besar

Peserta pengajian. Foto: Silvia Wati/Line1.News
Peserta pengajian. Foto: Silvia Wati/Line1.News

Lhoksukon – Teungku HM Nuruddin Thaleb atau yang akrab disapa Abati Buloh mengatakan para amil atau panitia zakat dan mustahik atau penerima zakat harus berhati-hati dalam membagi dan menerima zakat. Sebab, jika zakat disalurkan kepada yang tidak berhak menerima, amil dan mustahik sama-sama berdosa besar.

“Mengambilkan zakat [oleh orang yang] bukan mustahik zakat [seperti] yang diperbolehkan syariat, maka akan dipajoh (dimakan) oleh apui (api) neraka. Dosa itu kepada yang memberi dan yang menerima dengan sebab bukan hak,” tutur Abati Buloh dalam pengajian akbar di Meunasah Gampong Krueng Seupeng, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Rabu, 22 Mei 2024.

Pengajian tersebut membahas mengenai solusi permasalahan mustahik zakat dalam masyarakat. Hadir para tokoh agama sekitaran Buloh Bereughang, imum mukim, imum syik, dan juga warga sekitar.

Teungku HM Nuruddin Thaleb atau yang akrab disapa Abati Buloh
Teungku HM Nuruddin Thaleb atau yang akrab disapa Abati Buloh

Pimpinan Dayah Darul Ulum Buloh Blang Ara itu membacakan kitab yang membahas seputar fakir dan miskin. Setelah itu diisi dengan tanya jawab berdasarkan penjelasan dari teks atau matan kitab yang dibaca oleh Abati.

Para aparatur gampong dan warga yang hadir menyampaikan permasalahan yang terjadi dalam masyarakat. Abati kemudian memberikan solusi dari setiap permasalahan yang disampaikan.[]

Komentar

Tanggapilah dengan bijak dan bertanggung jawab. Setiap tanggapan komentar di luar tanggung jawab redaksi. Privacy Policy