Tausiah dan Pawai Muharram Warnai Perayaan Tahun Baru 1446 Hijriah di Aceh Utara

Perayaan Tahun Baru Islam 1446 Hijriah di Aceh Utara pada Sabtu malam, 6 Juli 2024. Foto: Humas Pemerintah Aceh Utara
Perayaan Tahun Baru Islam 1446 Hijriah di Aceh Utara pada Sabtu malam, 6 Juli 2024. Foto: Humas Pemerintah Aceh Utara

Lhoksukon – Tausiah dan pawai mewarnai perayaan Tahun Baru Islam 1446 Hijriah di Aceh Utara pada Sabtu malam, 6 Juli 2024. Acara yang digelar Pemerintah Kabupaten Aceh Utara itu dimulai dengan salat magrib berjemaah di Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon.

Setelah itu dilanjutkan tausiah singkat oleh Rizqi Wahyudi, Dosen Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe.

Turut hadir Penjabat Sekretaris Daerah Aceh Utara, Dayan Albar, mewakili Penjabat Bupati Aceh Utara Mahyuzar, para kepala dinas, para asisten, para kepala bagian, unsur Forkopimda, perwakilan Ketua MPD, MPU, anggota DPRK Aceh Utara, Dirut Asabri, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta pimpinan Ormas Islam.

Dayan Albar mengatakan tahun baru Islam merupakan momentum penting untuk refleksi diri dan transformasi menuju masyarakat yang lebih baik.

“Tahun Baru Islam mengingatkan kita untuk selalu memperbaiki diri, baik dalam aspek pribadi maupun dalam kehidupan bermasyarakat,” ujar Dayan dikutip Minggu, 7 Juli 2024.

Sementara Rizqi menyebutkan dalam tausiahnya, sebuah catatan sejarah menuliskan bahwa tahun hijriah pertama ditetapkan setelah 17 tahun Rasulullah wafat.

“Muharram merupakan bulan yang mulia di sisi Allah SWT. Barangsiapa yang melakukan kebaikan di bulan ini, pahalanya akan dilipatgandakan,” ujarnya.

Perayaan Tahun Baru Islam di Aceh Utara diakhiri dengan pawai Muharram yang diikuti antusias oleh ratusan orang menggunakan mobil bak terbuka. Kegiatan ini dikawal petugas keamanan dari Polres Aceh Utara dan Dinas Perhubungan Aceh Utara.[]

Komentar

Tanggapilah dengan bijak dan bertanggung jawab. Setiap tanggapan komentar di luar tanggung jawab redaksi. Privacy Policy