Polres Nagan Raya Publikasikan Capaian Keberhasilan 2024, Ini Rinciannya

Kapolres Nagan Raya, AKBP Rudi Saeful Hadi dalam program 'Jumat Curhat'. Foto: Humas Polres Nagan Raya
Kapolres Nagan Raya, AKBP Rudi Saeful Hadi dalam program 'Jumat Curhat'. Foto: Humas Polres Nagan Raya

Suka Makmue – Polres Nagan Raya kembali mempublikasikan keberhasilannya selama 2024. Publikasi capaian ini bertujuan agar masyarakat mengetahui seberapa besar keseriusan Polres Nagan Raya dalam menanggapi keluhan masyarakat yang disampaikan pada setiap program ‘Jumat Curhat’ di Jajaran Polres Nagan Raya.

Kapolres Nagan Raya, AKBP Rudi Saeful Hadi mengatakan bahwa ‘Jumat Curhat’ bagian dari program presiden yang diaplikasikan oleh Mabes Polri melalui program ‘Beyond Trust Presisi’. “Tujuannya, untuk menciptakan komunikasi dan menerima masukan yang efektif dari masyarakat serta menjawab semua keluhan masyarakat sehingga terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif,” ujar Rudi pada Sabtu dikutip Senin, 1 Juli 2024.

Untuk menjawab keluhan masyarakat, kata Rudi, Polres Nagan Raya melakukan langkah-langkah seperti pengungkapan kasus menonjol, pengungkapan kasus narkoba, menekan angka laka lantas dan meningkatkan pengetahuan pendidikan kepada masyarakat. Yang terakhir ini mencakup koordinasi dengan Pemerintah Nagan Raya untuk menfasilitasi masyarakat yang tidak memiliki ijazah sekolah bisa memperoleh pengetahuan dan mengikuti ujian Paket C.

Sementara untuk meningkatkan fungsi reserse kriminal atau reskrim, kata Rudi, Polres Nagan Raya melakukan penindakan hukum dan memberikan kepastian hukum terhadap laporan masyarakat.

Sejak Januari hingga Juni 2024, kata dia, Polres Nagan Raya menerima 32 laporan dari masyarakat. “Di antaranya penemuan mayat bayi yang dalam waktu tiga kali 24 jam, personel Reskrim berhasil mengungkapkan kasus tersebut,” ujarnya.

Selain itu, Polres Nagan Raya juga melakukan penerapan hukum sebanyak 7 kasus judi online dan sabung ayam. “Sementara kasus curanmor [pencurian kendaraan bermotor] berhasil diungkap dalam waktu satu kali 24 jam,” ungkap Rudi.

Begitu juga dengan laporan masyarakat terkait kasus kejahatan lainnya telah banyak memperoleh kepastian hukum. Di antaranya, kata Rudi, menyikapi keresehan masyarakat atas penggunaan knalpot blong sepeda motor, Satuan Lalu Lintas Polres Nagan Raya memberikan jawaban dengan melakukan razia.

“Hasilnya, 178 sepeda motor berknalpot blong diamankan karena tidak sesuai dengan standar lalu lintas. Personel Lantas juga memberikan peringatan dan teguran kepada pengguna kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan aturan lalu lintas,” ujar Rudi.

Kapolres Nagan Raya, AKBP Rudi Saeful Hadi. Foto Humas Polres Nagan Raya
Kapolres Nagan Raya, AKBP Rudi Saeful Hadi. Foto Humas Polres Nagan Raya

Untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya, Personel Lantas juga memberikan penyuluhan di sekolah-sekolah menengah atas. Patroli juga dilakukan untuk mengurangi angka pelanggaran dan diberikan tindakan berupa tilang sebanyak 87 set dan 185 set teguran.

Di bidang pemberantasan narkoba, dilakukan langkah-langkah pencegahan melalui sosialisasi terhadap masyarakat oleh Satuan Binmas. Sedangkan Satuan Reserse Narkoba berhasil 27 perkara penyalahgunaan narkoba.

Satuan Reserse Narkoba juga menempelkan hotline pengaduan di warung-warung desa agar memudahkan masyarakat melapor bila menemukan tindak pidana narkoba. “Polres Nagan Raya menjamin kerahasiaan identitas pelapor,” ujar Rudi.

Di samping, itu Bhabinkamtibmas juga melakukan upaya dalam meminimalisir penyalahangunaan narkoba dengan cara mengajak masyarakat khususnya di Beutong Ateuh Banggalang yang tadinya menanam ganja beralih menanam palawija, seperti cabe dan tanaman tumpang sari lainnya.

“Hal ini dibuktikan dengan upaya dari Bhabinkamtibmas Bripka Adi Syafnur Arisal yang telah berhasil membentuk kelompok tani menanam cabe dan mendapatkan apresiasi dari Bapak Kapolda Aceh,” ujar Rudi.

Sementara pada fungsi Satuan Binmas, Polres Nagan Raya telah memfasilitasi masyarakat yang putus sekolah atau tidak mempunyai ijazah dengan cara berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Nagan Raya untuk menyelenggarakan ujian Paket C. Hasilnya, 20 warga Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, 3 warga Kecamatan Beutong, 3 warga Kecamatan Seunagan, 1 warga Kecamatan Darul Makmur, 1 warga Kecamatan Seunagan Timur, 1 warga Kecamatan Tadu Raya, 1 warga Kecamatan Kuala Pesisir dan 1 warga Kecamatan Suka Makmue, telah memiliki ijazah Paket C.

Terkait program pengamanan Pilkada Nagan Raya 2024, kata Rudi, pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan pendekatan dengan penyelenggara dan pengurus partai politik. Pendekatan ini dilakukan untuk memberikan penyuluhan dan penekanan agar bersikap netral, khususnya kepada seluruh penyelenggara Pilkada dari tingkat kabupaten hingga gampong. Selain itu, disosialisasikan juga pelanggaran dan konsekuensinya apabila terjadi pelanggaran hukum.

Polres Nagan Raya, kata Rudi, juga turut menyokong penuh upaya penurunan angka stunting, melalui ‘Jumat Berkah’. Lewat program ini dikumpulkan infak dan sumbangan dari seluruh pejabat dan personel Polres Nagan Raya setiap Senin. Uang itu kemudian dipakai untuk dibelikan sembako dan dibagikan kepada masyarakat di setiap kecamatan pada hari Jumat.

Rudi berharap publikasi capaian keberhasilan Polres Nagan Raya dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Polri. Ia juga berpesan kepada personelnya agar terus berinovasi dan bekerjasama dengan masyarakat dalam menjaga situasi kamtibmas di kabupaten tersebut.[]

Komentar

Tanggapilah dengan bijak dan bertanggung jawab. Setiap tanggapan komentar di luar tanggung jawab redaksi. Privacy Policy