Pasca Libur Lebaran, Pasien Rawat Jalan di RSUCM Aceh Utara Membeludak

Pasien mengantri di sejumlah poliklinik di Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) Aceh Utara, Jumat, 21 Juni 2024. Foto: Fajar/Line1.News
Pasien mengantri di sejumlah poliklinik di Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) Aceh Utara, Jumat, 21 Juni 2024. Foto: Fajar/Line1.News

Lhoksukon – Pasca libur lebaran Idul Adha 1445 hijriah, jumlah pasien rawat jalan pada sejumlah poliklinik di Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) Aceh Utara membeludak.

Hingga Jumat siang, jumlah pasien yang tercatat melakukan kontrol ulang di berbagai poliklinik mencapai 400 orang pasien. Padahal hari biasanya, rumah sakit hanya melayani sekitar 250 pasien.

Humas RSUCM Aceh Utara dr Harry Laksamana menyebutkan, pada hari pertama pelayanan warga mulai memadati poliklinik jiwa, mata, konsultasi penyakit dalam, jantung, poli anak dan berbagai poliklinik lainnya.

“Kontrol berobat jalan poliklinik ini kan bukanya kan sesuai dengan jam kerja pemerintah, sehingga setelah kita libur empat hari kemarin maka warga melakukan kunjungan ulangnya pada hari ini dan diganti dengan Sabtu besok,” ujar Harry kepada Line1.News, Jumat, 21 Juni 2024.

Membeludaknya pasien rawat jalan karena banyak warga yang ingin melakukan kontrol ulang, disebabkan pelayanan tersebut hanya dilakukan sesuai dengan jam kerja pemerintah. Sehingga pasien berbondong-bondong melakukan kontrol ulang pada hari pertama.

RSUCM juga mencatat pelayanan rawat inap selama libur Idul Adha kemarin sebanyak 138 pasien, yang terdiri dari pasien yang kurang sehat, kecelakaan, hingga kasus bedah dan nonbedah. Ada juga pasien jiwa yang dirujuk ke Banda Aceh karena tidak tertampung di RSUCM.

“Pasca lebaran Idul Adha banyak juga pasien yang masuk dengan keluhan pusing, hipertensi, gangguan lambung dan berbagai penyakit lainnya yang disebabkan karena pola makan yang kurang sehat karena terlalu banyak mengkonsumsi daging.”[]

Komentar

Tanggapilah dengan bijak dan bertanggung jawab. Setiap tanggapan komentar di luar tanggung jawab redaksi. Privacy Policy