Menkes: Sumut Tak Punya Dokter Bedah Jantung

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Dokumen Sekretariat Kabinet RI
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Dokumen Sekretariat Kabinet RI

Medan – Provinsi Sumatra Utara (Sumut) sampai detik ini ternyata tidak memiliki dokter bedah jantung anak. “Saya kebayang anak-anak menderita sekali, harus dibawa ke Jakarta. Sampai Jakarta belum tentu menang saat mengantre,” ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin saat meninjau program kerja sama King Salman Humanitarian Aid and Relief Center (KSRelief) Arab Saudi dengan Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) Medan berupa operasi jantung pada pasien anak, Jumat dikutip Minggu, 30 Juni 2024.

Sebagai provinsi terbesar di luar Pulau Jawa yang penduduknya paling banyak, kata Budi, Sumut harusnya memberikan pelayanan kesehatan yang merata. Tragisnya, provinsi ini tidak punya dokter bedah jantung anak.

Budi menjelaskan, Indonesia memiliki 12 ribu bayi dengan cacat jantung bawaan, dan mereka harus dioperasi untuk menyelamatkan hidupnya. Ada 6 ribu bayi yang tidak selamat setiap tahun karena tidak bisa melakukan operasi akibat kurangnya dokter spesialis bedah jantung anak.

“Kita cari solusi agar jumlah dokter bertambah dengan mengirim mereka belajar, tapi butuh waktu empat tahun. Sembari menunggu kekosongan, kita gandeng Pemerintah Arab Saudi untuk mendatangkan dokter-dokternya mengobati dan mengajari dokter-dokter Indonesia,” ujarnya.

Tugas Dirut RSUP HAM Medan Zainal Safri, lanjut Budi, mendata rumah sakit di 33 kabupaten dan kota dan memastikan tersedianya dokter bedah anak. Ia juga meminta Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita atau Pusat Jantung Nasional Harapan Kita mengampu seluruh rumah sakit di Sumut agar bisa melakukan operasi jantung anak.

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amudi pun berharap kerja sama membantu anak-anak dan menambah pengetahuan dokter-dokter di Indonesia. Ia berpesan agar pasien yang sudah pulih menjaga kesehatannya dan yang belum sehat segera pulih dari sakitnya.[]

Komentar

Tanggapilah dengan bijak dan bertanggung jawab. Setiap tanggapan komentar di luar tanggung jawab redaksi. Privacy Policy