Dirut Pertamina Ajak Komunitas Pertiwi Ubah Stereotipe Tentang Perempuan

ertiwi Menginspirasi 2024 yang mengangkat tema sustainable lifestyle for holistic wellbeing, di Graha Pertamina, Jakarta, (31/5/2024). Foto: pertamina.com
ertiwi Menginspirasi 2024 yang mengangkat tema sustainable lifestyle for holistic wellbeing, di Graha Pertamina, Jakarta, (31/5/2024). Foto: pertamina.com

Jakarta – Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengajak Komunitas Pertiwi Pertamina meyakinkan berbagai pihak di tengah banyaknya stereotipe tentang perempuan. “Maka yang bisa mengubah stereotipe tersebut adalah perempuan itu sendiri, saling melengkapi untuk mendorong secara cepat pencapaian target perusahaan,” ujar Nicke pada acara Pertiwi Menginspirasi 2024 yang mengangkat tema sustainable lifestyle for holistic wellbeing, di Graha Pertamina, Jakarta, dikutip dari pertamina.com, Minggu, 2 Juni 2024.

Nicke Widyawati mengatakan perempuan dilahirkan untuk mengembangkan sesuatu, melahirkan sesuatu dan mau membesarkannya, sehingga bisa memberikan manfaat, dengan inovasi, keberanian, ketangguhan, dan sifat multitasking yang dimiliki.

Terkait kesejahteraan holistik, Nicke menilai ada hal yang perlu ditambahkan yaitu semangat wellbeing, dengan kerja ekstra dan mengoptimalkan semua sistem pendukung.

Ia berharap Pertiwi mempersiapkan diri menghadapi tantangan global. “Jadi dalam konteks ini bagaimana Pertamina harus kita kelola dan kita bawa untuk memberikan kontribusi manfaat bagi bangsa Indonesia, sekaligus menjawab tantangan dunia, membuat posisi Indonesia lebih kuat di mata dunia,” ujar Nicke.

Acara tersebut juga dihadiri Deputi Direktur Komunikasi Korporasi Fadjar Djoko Santoso, Direktur Keuangan Pertamina sekaligus Ketua Umum Pertiwi, Emma Sri Martini, seluruh Ketua Pertiwi Subholding dan AP Portfolio, serta pengurus Pertiwi Pertamina Grup yang baru dilantik. Tiga pembicara muda inspiratif turut meramaikan acara tersebut, yaitu aktris Maudy Ayunda, pengusaha muda Putri Indahsari Tanjung, dan Puteri Indonesia Lingkungan 2020 Putu Ayu Saraswati.

Fadjar mengatakan Pertiwi Pertamina merupakan komunitas pemberdayaan perempuan (women empowerment) yang didirikan tahun 2021. Komunitas ini memiliki program mencakup lima dimensi kesejahteraan holistik untuk pekerja meliputi kebugaran jasmani, mental dan intelektual, sosial dan lingkungan, serta pekerjaan dan finansial.

“Ini tantangan bagi Pertamina untuk terus memberdayakan peran pekerja perempuan sesuai yang diamanahkan Kementerian BUMN, bahkan Pertamina menetapkan target pemimpin perempuan hingga 25 persen.”

Maudy Ayunda menyambut baik kegiatan Pertiwi Menginspirasi. “Menurut saya acara ini luar biasa penting, harus ada komunitas dan program yang memang memberikan dukungan ekstra bagi para pekerjanya,” tutur penyanyi cum penulis lagu tersebut.

Sementara Putri Tanjung menjelaskan tentang ekosistem bisnis berkelanjutan yang dilakukan oleh PT. CT Corpora atau CT Corp milik konglomerat Chairul Tanjung, ayah Putri.

Staf khusus Presiden Jokowi itu menjelaskan jabatan C-level di CT Corps juga diwarnai oleh para pemimpin perempuan. Sehingga, kata Putri, program-program women empowerment yang dijalankan menjadi sangat nyata dan saling mendukung satu sama lain.

Sementara Putu Ayu Saraswati merasa bahagia bisa berada di kesempatan tersebut. “Bahkan bisa bertemu langsung dengan Direksi Pertamina juga pembicara lainnya serta para Perwira Pertamina,” ujar Putu.

“Acara ini sekaligus showcasing mengenai apa itu Pertiwi secara lebih detail lagi. Sungguh acara yang luar biasa sekali.”[]

Komentar

Tanggapilah dengan bijak dan bertanggung jawab. Setiap tanggapan komentar di luar tanggung jawab redaksi. Privacy Policy