Dekan Syariah IAIN Lhokseumawe Puji Kesuksesan Haji 2024: Inovatif dan Adaptif di Tengah Tantangan

Muhammad Syahrial Razali Ibrahim. Foto: Dok Pribadi
Muhammad Syahrial Razali Ibrahim. Foto: Dok Pribadi

Lhokseumawe – Dekan Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe, Muhammad Syahrial Razali Ibrahim memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan ibadah haji oleh Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2024.

Menurutnya, meskipun ada beberapa kekurangan, pelaksanaan haji tahun ini menunjukkan langkah yang inovatif dan adaptif dalam menghadapi berbagai tantangan.

“Saya sangat mengapresiasi kerja keras Kemenag dalam mengorganisir dan mengelola pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Inovasi dan adaptasi yang diterapkan sangat membantu dalam menghadapi dinamika di lapangan,” ujar Syahrial dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu, 22 Juni 2024.

Ia menyoroti berbagai upaya Kemenag yang dianggap inovatif, seperti penggunaan teknologi untuk memantau kesehatan jamaah dan sistem informasi haji yang lebih terintegrasi.

“Teknologi yang digunakan sangat membantu dalam memastikan kesehatan dan kenyamanan jamaah. Ini adalah langkah yang sangat positif dan patut diapresiasi,” tambahnya.

Selain itu, adaptasi terhadap kondisi lapangan yang dinamis, termasuk penyesuaian terhadap cuaca dan situasi lokal, menunjukkan fleksibilitas Kemenag dalam mengelola situasi yang tidak terduga.

“Adaptasi yang dilakukan oleh petugas haji dalam menghadapi berbagai situasi menunjukkan kesiapan dan profesionalisme yang tinggi,” lanjut Syahrial.

Namun, Syahrial juga mencatat adanya beberapa kekurangan kecil yang masih perlu diperbaiki. “Tentu, dalam pelaksanaan sebesar ini, ada sedikit kekurangan di sana-sini. Tetapi hal tersebut tidak mengurangi kesuksesan acara secara keseluruhan. Evaluasi dan perbaikan terus-menerus sangat penting untuk memastikan kualitas yang lebih baik di masa depan,” ujarnya.

Syahrial berharap Kemenag dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas haji dengan berinovasi dan beradaptasi sesuai dengan kebutuhan zaman. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas haji yang telah bekerja keras demi kenyamanan dan keselamatan para jamaah.

“Semoga Kemenag terus melakukan evaluasi dan perbaikan untuk penyelenggaraan haji yang lebih baik di masa mendatang. Dengan inovasi dan adaptasi yang terus dilakukan, saya yakin pelaksanaan haji akan semakin optimal,” ujarnya.

Pelaksanaan ibadah haji, kata Syahrial, merupakan salah satu rukun Islam yang memerlukan persiapan dan koordinasi yang matang. “Keberhasilan pelaksanaan haji tahun ini menjadi bukti komitmen dan dedikasi Kemenag dalam melayani umat Islam di Indonesia, serta kemampuan untuk berinovasi dan beradaptasi di tengah tantangan.”[]

Komentar

Tanggapilah dengan bijak dan bertanggung jawab. Setiap tanggapan komentar di luar tanggung jawab redaksi. Privacy Policy