3 Sopir Angkutan Umum di Langsa Positif Narkoba

Ditlantas Polda Aceh beserta Jajaran Cek Urine Pengemudi Angkutan Umum, 25 Juni 2024, Foto: Humas Polda Aceh.
Ditlantas Polda Aceh beserta Jajaran Cek Urine Pengemudi Angkutan Umum, 25 Juni 2024, Foto: Humas Polda Aceh.

Banda Aceh – Dirlantas Polda Aceh Kombes M Iqbal Alqudusy menyebutkan tiga sopir mobil angkutan umum di Langsa positif menggunakan amphetamin alias sabu-sabu.

Hal ini diketahui setelah Ditlantas Polda Aceh dan Satlantas di Polres jajaran dibantu stakeholder terkait, menggelar cek urine serentak bagi para sopir angkutan umum dan rental.

Menurut Iqbal, cek urine massal itu dilakukan imbas kecelakaan maut di Peudawa, Aceh Timur, yang menewaskan empat orang. Sopir mobil penumpang yang menabrak korban kini telah ditetapkan sebagai tersangka. Sopir tersebut ternyata positif narkoba jenis amphetamin.

“Sebanyak 86 orang sopir sudah kita cek urinenya di delapan wilayah polres. Hasilnya lima pengemudi hasilnya positif amphetamin, yaitu satu orang di Aceh Timur dan satu orang di Lhokseumawe, tiga orang di Polres Langsa,” ujar Iqbal dalam keterangannya, Selasa, 25 Juni 2024.

Baca: Seorang Sopir Angkutan Umum di Lhokseumawe Positif Konsumsi Sabu

Adapun lima Polres lainnya yang telah menggelar untuk para sopir cek urine yaitu Banda Aceh, Aceh Barat Daya, Aceh Barat, Pidie, dan Gayo Lues.

Iqbal menjelaskan, para sopir yang hasilnya positif akan dilakukan penyelidikan dan pendalaman oleh Satresnarkoba tentang asal usul narkoba yang digunakan. Selain itu, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kota akan melakukan asesmen terhadap sopir-sopir tersebut. “Sehingga akan direhabilitasi atau rawat jalan selama tiga atau enam bulan,” ungkapnya.

Kegiatan cek urine terhadap pengemudi mobil penumpang, tambah Iqbal, akan dijadikan agenda rutin sebagai upaya menyelamatkan nyawa yang sia-sia di jalan, “Karena kelakuan para pengemudi yang mengonsumsi narkoba.”[]

Komentar

Tanggapilah dengan bijak dan bertanggung jawab. Setiap tanggapan komentar di luar tanggung jawab redaksi. Privacy Policy